iklan

Featured Post
Kisah Seorang Istri Sholehah dan putrinya

  Ini adalah sebuah kisah nyata tentang perjuangan seorang istri dan putrinya dalam menghadapi ujian dikala sang suami atau sebagai ay...

Saturday, 31 October 2015

CARA MENGHILANGKAN VIRUS IKLAN

Tulisan ini sengaja saya postkan dikarenakan adanya pertanyaan dari teman melalui media sosial yaitu cara mengatasi komputernya yang terkena virus iklan (adware) yang membuat dia pusing, sekaligus berbagi pengalaman dan informasi barangkali diantara Anda ada yang saat ini tengah mengalami hal yang serupa.

Sebenarnya sih hal yang wajar saja bila seseorang ingin meng-iklankan produk-produknya, hanya saja bila sampai mengganggu privacy maka akan membuat kita tidak nyaman dan mengganggu pekerjaan kita. Sama halnya seperti orang memasang Bilboard atau spanduk di dalam rumah kita :). Masih mending kalau kita dibayar :), tapi kalau Anda mau.

Ini penampakannya pada saat Anda membuka browser :


 atau seperti ini :


Virus Adware ini merupakan virus yang selalu menampilkan iklan di mana-mana, pada saat terkoneksi internet maupun tidak. Pada komputer yang sudah terjangkiti biasanya pada saat Start up (ada yang menyebutnya “loading”) sesudah dinyalakan akan menyebabkan pc / laptop kita lemot alias lambat. Virus ini biasanya menempel pada toolbar dan ekstensi yang ada di browser, namun tidak jarang virus ini berada di sebuah program atau menempel di taskbar icon komputer (biasanya berada di pojok kanan bawah layar windows) seperti yang saya alami. Virus ini  sangat jarang terlacak oleh antivirus, oleh karena itu kita membutuhkan tools tambahan untuk menghapus virus Adware ini. Yang juga perlu diwaspadai adalah virus ini tidak hanya menampilkan iklan tetapi juga dapat mencuri data-data penting anda, termasuk password dan riwayat jelajah.

Virus ini biasanya bersifat stealth (tidak terlihat) dan terpasang tanpa sepengetahuan pengguna. Adware sering ikut pada saat anda mendownload suatu software di website yang memasang iklan pop-up (iklan muncul sendiri). Tanda-tanda komputer sudah terkena Adware adalah adanya iklan yang terus menempel di browser walaupun kita sudah menscroll ke bawah.
Berikut ini  adalah cara untuk menghapus virus Adware.

Bila Anda yang sudah mahir komputer biasanya dengan melakukan Registry Editor (regedit) yang bisa di cari lewat command atau search di komputer Anda. Cara ini memang agak melelahkan karena harus mencari dan meneliti satu persatu registry yang dicurigai sebagai program virus di system komputer Anda.
  1. Cara kedua dengan meng-uninstal program-program yang dicurigai sebagai program virus atau program penyisip adware. Melaui control panel > program > Install/Uninstall lalu cari programnya.
  2. Bila kedua cara diatas belum menyelesaikan masalah, maka alternatif lainnya yaitu menggunakan program bantuan penghilang Adware salah satunya bisa di download dengan mengunjungi ke websitenya dengan cara Install online download langsung berikut ini : (tunggu sampai selesai download lalu jalankan)
Download Button
kunjungi websitenya
  • Jika sudah didownload, buka software yang sudah didownload tadi. Lalu jalankan klik Scan.


  • Lalu akan muncul key registry dan file yang berkemungkinan bahwa itu adalah Adware. Tutup semua aplikasi yang sedang berjalan, lalu klik pada Cleaning (anda juga bisa memilih registry yang tidak ingin dihapus).

  • Jika sudah selesai, komputer anda akan restart secara otomatis, dan pada saat menyala anda akan melihat laporan hasil pembersihan Adware yang tadi dilakukan.


4. Apakah sudah selesai dengan ketiga cara diatas?. Komputer Anda sebenarnya sudah terbebas dari program virus iklannya, hanya ternyata untuk menyempurnakan hilangnya virus adware di browser internet Anda, ada caranya dengan mereset browser ke defaultnya (cara ini dilakukan jika belum menghilangkan jejak penampilannya di browser dengan adcleaner, akan tetapi walau begitu sudah tidak membahayakan sistem window Anda).
Bila Anda memakai browser Chrome bisa membuka klik Setting >

https://babarkata.wordpress.com/2015/11/01/cara-menghilangkan-virus-iklan/


5. Lalu klik Show Advance Setting >


https://babarkata.wordpress.com/2015/11/01/cara-menghilangkan-virus-iklan/

6. Dan terakhir klik Reset setting

https://babarkata.wordpress.com/2015/11/01/cara-menghilangkan-virus-iklan/

Maka browser anda akan diarahkan pada posisi default tanpa ekstensions. Saran saya sering-seringlah untuk membersihkan history dan cache browser supaya aman.

Sekarang anda sudah bisa bebas dari iklan yang menumpuk, tetapi tidak semua iklan itu dianggap Adware. Seperti yang muncul pada saat kita browsing. 

Semoga bermanfaat.
Link


Rahmat Saleh

16 comments :