iklan

Featured Post
Kisah Seorang Istri Sholehah dan putrinya

  Ini adalah sebuah kisah nyata tentang perjuangan seorang istri dan putrinya dalam menghadapi ujian dikala sang suami atau sebagai ay...

Wednesday, 3 February 2016

Cara mengatasi virus yang menyerang file dwg

Bagi Anda yang bergelut di bidang Desain baik Anda seorang pelajar atau mahasiswa atau Anda yang bekerja dibidang Konstruksi, Manufaktur dan sebagainya tentu Anda mengenal dengan program Autocad, sebuah program desain teknik yang memiliki kelebihan dalam hal presisi dan skala gambar.


Akan tetapi kali ini, saya tidak membahas mengenai program Autocad dengan segala kelebihan atau kekurangannya melainkan sedikit sharing pengalaman andaikata file autocad (ekstensi .dwg) Anda mengalami kesulitan loading saat dibuka. Jangan dulu melakukan upgrade atau install ulang (reinstall) program Autocad, sebelum Anda mencoba hal yang menjadi pengalaman saya bila Anda mengalami hal tersebut diatas.

Perkembangan virus (worm) komputer ternyata telah membabi buta merambah kesemua hal yang berkaitan dengan software. Bukan hanya sistem operasinya yang diserang, bahkan aplikasi perangkat lunak lainpun diserang pula. Banyak orang pintar untuk hal yang bermanfaat namun ada juga orang-orang pintar yang kerjaannya membuat resah seperti membuat virus atau worm, entah karena motivasi iseng, pamer, coba-coba, atau mungkin juga karena motivasi ekonomi dan persaingan. Wallahualam.

Awalnya saya mengalami kendala saat bekerja menggunakan perangkat lunak Autocad, karena saat membuka file mengalami lamanya perintah "loading", saat dipaksa tekan perintah escape (ESC) biasanya akan mem-bypass proses loading supaya cepat, nyatanya setelah menekan escape malah muncul error bahkan sampai "hang" komputernya. Walah.. walah.

Ternyata setelah diperiksa dengan melihat proses loadingnya, ada satu script perintah yang membuat lamanya loading saat membuka file. Apaan ini?. itu yang pertama terlintas dipikiran saya.

Ada satu script seperti worm (bolehlah disebut semacam virus) yang tereksekusi yang mungkin asalnya tertular dari tempat lain, bisa dari komputer lain atau bisa juga dari file yang terinfeksi lewat download di internet. Tapi ya sudahlah, jangan sampai menyerah sebelum berusaha mengatasinya.

Alhamdulilah, saya menemukan solusinya yaitu dengan cara "menanamkan" script penghilang perintah script yang jadi worm, layaknya seperti serum melawan virus, seru. Tapi manfaatnya program Autocad jadi lancar kembali, loading file kembali cepat.

Dan ini link serum anti virus nya :
  
https://drive.google.com/folderview?id=0B-mbjhefQlWSUVdfTDhhbDZ1UUE&usp=sharing

Caranya :
1. Anda download dulu kedua file tersebut ke dalam komputer Anda dan simpan baik-baik.
2. Buka program Autocad yang telah di install di komputer Anda, misalnya Autocad 2007 dan seterusnya.

3. Klik Tools pilih Load Application.
4. Cari File yang Anda download tadi yang bernama  "acaddocfix.lsp", kemudian klik Load.


5. Bila telah sukses biasanya ada keterangan atau pesan di command : "acaddocfix.lsp successfully loaded".
6. Klik Close untuk keluar. Anda telah berhasil menanamkan script serumnya.
7. Sekarang Anda coba untuk membuka salah satu file autocad Anda.
8. Bila file Anda terdeteksi telah terinfeksi  virus (worm) maka secara otomatis script serumnya bekerja untuk membersihkan virus. Biarkan saja prosesnya berlangsung tidak terlalu lama. Proses ini hanya berlangsung satu kali saja. Untuk selanjutnya bila file telah bersih maka akan terbuka secara nomal tanpa proses pembersihan lagi.
 9. Bila Anda ingin menyempurnakan hilangnya virus di register komputer Anda secara sempurna, bisa mengeksekusi file "del-acaddoc.bat". Caranya dengan mengklik dua kali (double click).


10. Selanjutnya klik Run.
11. Maka akan muncul pesan seperti dibawah ini:



12. Lalu ketik huruf "Y" dan Enter
13. Biarkan sejenak proses pembersihan file virus di semua drive komputer Anda berlangsung sampai muncul pesan sebagai berikut :


14. Klik Enter untuk keluar.
15. Maka Komputer Anda telah bersih dari virus yang menyerang file Autocad (dwg).

Semoga bermanfaat.
 ________________________________  
 Rahmat Saleh
  

4 comments :

  1. TERIMAKASIH, POSTINGAN INI SANGAT MEMBANTU
    SENENGGGG......

    ReplyDelete
  2. Cari Tiket Pesawat Online Super Cepat dan murah??
    http://selltiket.com
    Booking di SELL TIKET aja!!!
    CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!
    Harga dijamin lebih Murah!!
    Dan ada promo menarik setiap harinya..

    Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
    Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
    Bergabung segera di http://agenselltiket.com

    Info lebih lanjut hubungi:
    No handphone : 085363402103
    PIN : 5C0C4F38

    ReplyDelete
  3. Makasih gan infonya bermanfaat banget, sukses selalu.

    ReplyDelete