iklan

Featured Post
Kisah Seorang Istri Sholehah dan putrinya

  Ini adalah sebuah kisah nyata tentang perjuangan seorang istri dan putrinya dalam menghadapi ujian dikala sang suami atau sebagai ay...

Monday, 27 March 2017

SURAT DARI IWAN UNTUK TUHAN

IWAN adalah seorang preman yang baru insyaf. Ingin berusaha jujur dan ingin mengenal Tuhan. Ketika sedang merintis kehidupan baru yang lurus,  mulailah dia merasakan susahnya hidup NORMAL. 

Suatu saat di rumahnya yang sederhana.  IWAN sedang merenungi tagihan listriknya yang akan jatuh tempo, siap siap dicabut karena belum bayar. 

Karena bingung caranya berdoa maka Menulislah dia disecarik kertas. 
______________________________________
Kepada Yth. 
Tuhan Yang Maha Pengasih. 

Tuhan, Tolonglah beri aku uang 100 ribu buat bayar tagihan listrik karena besok meteran akan dicabut. 

Tolong Tuhan. 

Tertanda
IWAN
_______________________________________

Dia masukan suratnya dalam amplop dan di tulis di  Kop surat :

KEPADA YTH. 
TUHAN YANG MAHA PENGASIH 

DARI IWAN. 

kebetulan di depan rumahnya lewatlah pak pos yang dikenalnya, maka di titipkanlah kepadanya. 

Selang berapa jauh,  karena penasaran titipan surat IWAN tadi akan ditujukan kemana, maka diperiksalah sejenak oleh pak pos,  setelah tertawa sejenak, sambil menggerutu : 
"DASAR PREMAN GILA,  MASIH AJA BLOM INSYAF NGERJAIN GUE.. " 

Dicampakkanlah surat IWAN karena dianggapnya main main ke jalan Raya. 

Selang tidak berapa lama lewatlah Pak Bondan dan Pak Prasetio,  dua orang yang bertugas di KEPOLISIAN yang lewat dan keduanya memiliki selera humor tinggi. Karena tertarik ada Surat yang Jatuh di jalan dgn judul unik maka dipungutlah dan dibacanya. 

PAK BONDAN : "... HA HA HA..  SI IWAN MULAI INSYAF PRAS.. TAPI MASIH DOGOL.. TAPI KASIAN JUGA KALO NGGAK DIBANTU,  LOE PUNYA DUIT KAGAK?.. KITA KASIH BUAT BANTU DIA.. "

PAK PRAS : "NIH GUA ADA 75 RIBU DOANG..  MASUKIN AJA DEH.. "

Maka dimasukanlah uang 75rb ke dalam amplop baru,  tak lupa ditulis surat balasan :

--------------------------------------
IWAN YANG BAIK, 

PERGUNAKANLAH UANG INI SESUAI KEBUTUHANMU.. 

TERTANDA
TUHAN
-------------------------------------

Singkat cerita,  diantarlah surat itu Sama kedua polisi langsung ke rumah IWAN..

IWAN kaget ketika membukakan pintu karena ada dua polisi yang datang,  maklum trauma pernah ditangkap :)

IWAN : " ADA APA YA BAPAK BAPAK DATANGI RUMAH SAYA?. "

PAK PRAS : " TENANG WAN,  KITA CUMA MAU NGANTERI SURAT INI AJA.. " sambil nyodorin surat.

"... KAMI LANGSUNG PERMISI YA WAN.. "

Pak Bondan dan pak Pras pergi bergegas sambil mesem mesem. 

Ketika surat dibuka, IWAN Bersorak gembira karena isinya ada uang, setelah di hitung jumlahnya ada 75rb.. 

"HMM.. MASIH KURANG.. " 

Karena merasa masih kurang mencapai 100rb,  IWAN  agak tertunduk lesu..  

Kemudian dibuatlah lagi surat baru buat Tuhan :

------------------------------------------------------------------
KEPADA 
TUHAN YANG MAHA PENGASIH. 

TERIMAKASIH TUHAN, UANGNYA TELAH SAMPAI.. 
HANYA SAJA TUHAN KOQ BERKURANG 25RB?.
TAMBAHI LAGI YA TUHAN..  SUPAYA BESOK LISTRIK AKU NGGAK DICABUT.. 

TERTANDA 
IWAN

NB : TUHAN LAIN KALI UANGNYA JANGAN ENGKAU TITIPKAN KEPADA DUA POLISI ITU YA.. 

😀😀😀

-------------------------------------------------------------

PESAN DARI CERITA DIATAS :

1. Selalu berbaik sangka kepada Tuhan Sang Pencipta Yang Maha Pengasih dan Penyayang. 
2. Selalu berbaik sangka kepada setiap orang walaupun terhadap sesuatu yang bertentangan dengan akal. 
3. Selalu berbaik sangka kepada setiap orang apapun latar belakang pekerjaan dan kehidupannya. 
4. Mengenal Tuhan berarti harus mempelajari agama dengan baik pada orang orang yg memang ahli agama supaya tidak salah jalan. 
5. TERSENYUMLAH karena dengan senyuman dapat mengikatkan tali persaudaraan dan meredakan stress. 
6. Cerita diatas adalah hanya fiksi belaka tanpa ada maksud menghina atau melecehkan seseorang atau institusi. 

Sunday, 26 March 2017

Nikmat Tuhan Manakah yang engkau dustakan?

Dari udara yang setiap saat terhirup paru paru dan tubuh..
Dari aliran darah yang dipompakan jantung..
Dari urat urat nadi halus yang menghantarkan neuron yang tidak terputus..
Dari memori memori otak yg mengingat kenangan dan wawasan..
Dari alam bawah sadar yg menggerakkan tubuh dan jiwa..
Dari hati yang masih mengerakkan rasa dan cipta..
Dari lidah yang menghasilkan ucapan bermakna..

Dari alam yang masih menaungi..
Dari Kasih sayang Tuhan yang tidak terhenti.. 

Dari.. dan dari.. dalam hitungan nikmat yang tak terhingga.. 

فَبِأَيِّ آلَاء رَبِّكُمَا تُكَذِّبَانِ

"Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang engkau dustakan?" (QS. Ar-Rahman :55)

“Dan jika kamu menghitung nikmat Allah, tidaklah dapat kamu menghinggakannya. Sesungguhnya manusia itu, sangat zalim dan sangat mengingkari (nikmat Allah).” (QS. Ibrahim : 34)

Wednesday, 22 March 2017

DOA PERLINDUNGAN BAGI ANAK

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang.

Segala kemuliaan dan salawat kita sandingkan kepada Nabi Muhammad shalallahu alaihi wasallam beserta para sahabat dan para penerusnya sampai hari akhir.


Apa yang Anda rasakan hari ini?. Apakah sedang khawatir?.

Berkenaan dengan kehidupan rumah tangga, dimana saat ini sedang merebak akan adanya isu kejahatan terhadap anak yang membuat setiap orang tua menjadi khawatir bahkan juga khawatirnya seorang kakak atau saudara terhadap kerabat keluarga yang masih kecil.

Apa yang terjadi merupakan salah satu fitnah akhir jaman yang rosulullah pernah menubuwatkan mengenai akhir jaman dimana pada saat itu digambarkan oleh nabi akan terjadinya rasa ketidaknyamanan dan fitnah fitnah pada umat manusia terutama kaum muslimin.

Maka alangkah baiknya bilamana kita senantiasa memohon perlindungan kepada Allah atas diri dan keluarga kita serta memperbaiki perilaku diri dan kebiasaan di lingkungan rumah atau lingkungan sosial.

Maka doakanlah agar hidayah Allah Subhanahu wa Ta’ala tercurah kepada anak-anak kita dan jangan sampai mendoakan kejelekan atau kutukan untuk mereka, yang tanpa disadari ini sering dilakukan oleh kebanyakan para ibu dan sebagian bapak yang mengutuk anak-anak mereka manakala sedang emosi.

Anak-anak adalah bagian dari jiwa orang tua yang perlu bijaksana terhadap mereka. Anak-anak menjalani proses kehidupan dari awal ketergantungan dengan seorang ibu saat bayi hingga proses mengenal diri dan lingkungannya dari masa kanak kanak sampai remaja. Adalah sesuatu yang wajar, bilamana anak-anak memiliki kehidupan yang lucu-lucu dan lincah-lincah akan kelakukan, seperti halnya yang pernah digambarkan pada kehidupan rosulullah terhadap anak dan cucu nabi. Nabi mengajarkan untuk tetap lemah lembut terhadap anak-anak, tidak melakukan kekerasan ataupun kutukan terhadap anak bilamana sang anak melakukan kesalahan ataupun kenakalan.

Hal ini telah diperingatkan oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala melalui lisan Rasul-Nya Muhammad Shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam sebuah sabdanya:


لاَ تَدْعُوا عَلَى أَنْفُسِكُمْ وَلاَ تَدْعُوا عَلَى أَوْلاَدِكُمْ وَلاَ تَدْعُوا عَلَى أَمْوَالِكُمْ لاَ تُوَافِقُوا مِنَ اللهِ سَاعَةً يُسْأَلُ فِيْهَا عَطَاءٌ فَيَسْتَجِيْبُ لَكُمْ

“Jangan kalian berdoa kejelekan untuk diri kalian, dan jangan berdoa kejelekan untuk anak-anak kalian, dan jangan berdoa kejelekan untuk harta benda kalian, karena tidaklah kalian bertemu dengan waktu yang mustajab (bila minta kepada Allah pasti akan dikabulkan) melainkan Allah mengabulkan doa kalian.” (HR. Al-Imam Al-Bukhari no. 5516 dan Muslim no. 6243).

DOA PERLINDUNGAN BAGI ANAK

Dari hadits Ibnu Abbas radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata:

“Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam memohon perlindungan untuk al-Hasan dan al-Husain radhiyallahu ‘anhuma, beliau berkata, ”Sesungguhnya bapak (nenek moyang) kalian berdua, Ibrahim, memohon perlindungan (kepada Allah) untuk kedua anaknya, Isma’il dan Ishaq, beliau berkata:


أَعُوْذُ بِكَلِمَاتِ اللَّهِ التَّامَّةِ، مِنْ كُلِّ شَيْطَانٍ وَهَامَّةٍ، وَمِنْ كُلِّ عَيْنٍ لاَمَّة

A’udzu bikalimatillahit-taammaati min kulli syaithoonin wa haammatin wa min kulli ‘ainil-laammah

‘Aku berlindung dengan kalimat Allah yang sempurna dari setiap gangguan syaitan,binatang berbisa dan setiap mata orang yang dengki.’”

(HR.Al Bukhari [Fat-hul Baari VI/408.no.3371]).


Semoga bermanfaat. 

Wednesday, 15 March 2017

ROMANTIKA JULAEHA DAN MOMEN HARI BAHAGIA


Disaat mendekati hari pernikahan, JULAEHA seorang atlet berkuda yang berprestasi sedang menangis meraung raung ketika kumpul keluarga untuk pembagian 1000 kartu undangan pernikahannya. 


ORANG TUA : "Kenapa engkau bersedih nak?,  seharusnya kamu senang karena kami pun telah ikhlas "

JULAEHA : (Sambil nangis) "..bukan itu bu,  Julaeha gak mau pernikahan nanti di hadiri oleh para pejabat.. "

ORANG TUA : (Agak kesal) "... Lho kamu harusnya senang ya..  Dan jangan memalukan orang tua... "

JULAEHA : (Tambah meraung)  sambil nunjukin belakang kartu undangannya... 



Sunday, 12 March 2017

Hidup serba bersih tapi malah gampang sakit?

Pernahkah kita melihat sebagian pemulung disela sela mencari rejekinya, walau terlihat kotor badan dan lingkungannya namun mereka tetap sehat walau terkadang makan di tempat dengan asyiknya. Tadinya saya pikir besoknya pasti sakit, ternyata keesokan harinya mereka tetap sehat, beraktivitas seperti biasa dan asyik aja.

Pada sisi yang lain,  sebagian orang ada terbiasa hidup serba steril,  bergantung dengan antiseptik dsb. Alasannya supaya tidak cepat sakit. Tapi benarkah orang orang yang bergelut dengan lingkungan yang kotor akan mudah sakit?. 

Ternyata menurut penelitian para dokter justru sebaliknya, bahwa orang yang membiasakan hidup terlalu bersih sejak bayi malah gampang sakit. Tidak percaya?. Silahkan membaca artikel dibawah ini :

Bayi yang Terlalu Bersih Justru Lebih Gampang Sakit

Bayi yang terlalu dijaga kebersihannya ternyata lebih rentan sakit ketika dewasa. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa paparan bakteri di awal kehidupan sangat penting bagi anak-anak agar tidak gampang terserang penyakit autoimun sepanjang hidupnya.

Temuan ini mendukung hipotesis bahwa bakteri diperlukan untuk membentuk sistem kekebalan tubuh yang sehat. Gaya hidup yang takut dan menghindari bakteri justru semakin meningkatkan risiko asma, alergi dan penyakit autoimun lainnya.

Sistem kekebalan tubuh merupakan garda terdepan dalam pertahanan terhadap kuman di sekitar tubuh. Kuman yang jahat dapat menyebabkan keracunan makanan, pilek dan berbagai penyakit lainnya. Namun sebagian besar kuman ini ternyata tidak berbahaya dan bahkan ada pula yang menyehatkan.

Untuk memerangi infeksi, sel kekebalan tubuh atau sel darah putih diprogram untuk mencari protein asing dari sel yang bukan berasal dari tubuh. Sayangnya, sel darah putih terkadang menganggap bagian-bagian dari sel tubuh sendiri sebagai benda asing dan menyerangnya. Gangguan semacam ini disebut penyakit autoimun. Alergi, asma dan kanker darah merupakan bentuk penyakit autoimun.

Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science, para peneliti membandingkan tikus normal dengan tikus yang dibesarkan di tempat khusus yang bebas kuman. Peneliti kemudian mengukur kadar sel darah putih yang disebut sel invariant natural killer T (iNKT) di paru-paru dan usus kedua tikus.

Sel-sel iNKT melepaskan protein yang menyebabkan peradangan. Peradangan berperan penting dalam penyakit autoimun. Sel-sel iNKT diketahui aktif dalam paru-paru penderita penyakit asma dan dalam perut penderita ulcerative colitis atau radang usus besar.

“Di antara kedua tikus, perbedaan yang paling mencolok adalah kerentanan terhadap penyakit autoimun. Tikus yang bebas kuman jauh lebih rentan terserang penyakit dibandingkan tikus yang pernah terpapar kuman,” kata peneliti, Dennis Lee Kasper, dokter senior di Brigham and Women’s Hospital di Boston seperti dilansir LiveScience (Senin, 26/3/2012).

Ketika terkena bakteri biasa di kemudian hari, tikus bebas kuman bahkan masih memiliki sel iNKT yang berlimpah dalam paru-paru dan ususnya. Hal ini menunjukkan bahwa pembentukan sistem kekebalan tubuh pada periode awal kehidupan sangat penting dalam pembentukan sistem kekebalan tubuh yang tepat.

“Paparan terhadap bakteri di masa bayi penting untuk melindungi tubuh dari peradangan dan sel INKT. Tidak hanya untuk penyakit-penyakit yang disebutkan tadi, bisa jadi paparan tersebut juga dapat melindung anak dari diabetes tipe 1,” kata Axel Kornerup Hansen, profesor di Universitas Kopenhagen di Denmark yang tidak terlibat dalam penelitian.

Anak Perempuan Lebih Gampang Sakit

Anak perempuan biasanya lebih banyak menghabiskan waktu dengan bermain boneka di dalam rumah, sedangkan anak laki-laki lebih suka main sepak bola di lapangan bersama teman-temannya.

Kebiasaan bermain di area yang bersih tersebut ternyata membuat anak perempuan memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih lemah daripada anak laki-laki.

Menurut hipotesis kebersihan di negara barat, penyakit yang umumnya terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang buruk termasuk asma, alergi, dan rheumatoid arthritis mungkin disebabkan oleh seseorang yang hidup di lingkungan yang terlalu bersih.

Sedangkan negara-negara bagian timur yang umumnya memiliki tingkat sanitasi yang masih buruk dan tingkat kebersihan yang lebih rendah, memiliki penduduk yang memiliki sistem imun yang kuat.

Jika seseorang telah beberapa kali terserang penyakit yang disebabkan oleh kuman, maka tubuh secara otomatis akan membentuk perlindungan.

Ketika kuman yang sama datang menyerang lagi, sistem imun tubuh telah akrab dengan kuman tersebut dan akan kebal terhadap penyakit.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Sharyn Clough, yang diterbitkan dalam jurnal Social Science and Medicine, menyatakan berdasarkan data mengenai hipotesis kebersihan, penyakit karena lemahnya kekebalan tubuh seseorang dapat disebabkan oleh perilaku masa kecilnya meliputi aspek-aspek perilaku dan psikologis.

“Anak perempuan cenderung berpakaian lebih bersih dan lebih suka bermain di dalam ruangan daripada anak laki-laki. Permainan anak perempuan juga lebih sering diawasi oleh orang tuanya,” kata Clough.

Sehingga ada perbedaan yang signifikan dalam jenis dan jumlah kuman pada anak perempuan dan anak laki-laki, dan ini mungkin menjelaskan beberapa perbedaan kesehatan antara pria dan wanita. Wanita cenderung lebih lemah dan mudah sakit dibanding pria.

Seorang profesor biologi mengatakan hidup manusia kini terlalu bersih yang membuat sistem kekebalan tubuh mengalami disorientaasi. Akibatnya tubuh bereaksi berlebihan terhadap zat-zat sehari-hari yang sebenarnya tidak berbahaya, seperti debu rumah.

Rob Dunn, seorang profesor biologi terkemuka percaya masa depan yang sehat terletak pada apa yang dia sebut ‘kembali ke alam liar tubuh kita’. Dalam buku barunya, Prof Dunn mendorong pembacanya untuk mengadopsi pendekatan radikal ke ‘hipotesis kebersihan’.

Gagasan ini menunjukkan bahwa hidup kita telah menjadi terlalu bersih dan ini membuat sistem kekebalan tubuh menjadi rentan.

“Ini menyebabkan kenaikan dalam respons alergi yang serius seperti asma serta penyakit autoimun termasuk penyakit Crohn (radang usus kronis) dan rheumatoid arthritis,” jelas Prof Rob Dunn dari North Carolina State University, seperti dilansir Dailymail, Selasa (26/7/2011).

Prof Dunn menunjukkan beberapa bukti penelitian yang mendukung hipotesis kebersihannya. Dalam sebuah studi terhadap 1.400 anak-anak awal tahun ini, para peneliti di Yale University AS, menemukan bayi yang menerima antibiotik memiliki risiko 70 persen lebih tinggi menderita asma pada masa kanak-kanak.

Risiko asma ini mungkin disebabkan oleh fakta bahwa antibiotik menghilangkan bakteri secara sangat luas, baik bakteri baik maupun bakteri jahat dalam tubuh bayi. Hal ini akhirnya dapat menghalangi sistem kekebalan tubuh bayi yang belum matang dari patokan sehat.

Menurut Prof Dunn, sebelum penggunaan antibiotik dan hidup dalam lingkungan yang sangat bersih, kekebalan tubuh manusia bisa digunakan untuk bakteri dan belajar mengabaikan ancaman yang tidak berbahaya.

Namun, ketika tubuh tumbuh dan berkembang di lingkungan yang sangat higienis, sistem kekebalan tubuh dapat bereaksi secara berlebihan terhadap provokator kecil, seperti bakteri tingkat rendah yang tidak berbahaya.

“Kita harus meyakinkan tubuh kita bahwa mereka masih dalam keadaan alami seperti nenek moyang kita yang menjelajahi hutan yang banyak kuman dan tinggal di gubuk-gubuk tidak sehat. Kita dapat melakukan ini dengan memiliki cacing hidup di usus kita,” jelas Prof Dunn.

Usulan memiliki cacing di usus, meski kedengarannya aneh dan menjijikkan, tapi ilmuwan di seluruh dunia mengambil ide ini sangat serius.

Argumen Profesor Dunn terinspirasi oleh Joel Weinstock, seorang peneliti medis di Tufts University, AS, yang melihat negara di mana Crohn menjadi umum di tempat-tempat yang diketahui cacingan telah menjadi langka.

Weinstock melakukan tes yang hasilnya menunjukkan bahwa ketika ia menempatkan cacing parasit di dalam sistem percernaan tikus, hal tersebut bisa menghentikan tikus mengalami penyakit iritasi usus besar.

Weinstock juga mencobanya pada 29 manusia yang menderita Crohn pada tahun 1999. Setiap orang diberi segelas telur cacing cambuk, yang biasanya hidup dalam usus babi.

Meskipun strain cacing ini tidak akan mampu berkembang biak dalam tubuh manusia, tetapi Weinstock berharap hal ini bisa mendorong tubuh manusia untuk merespons kehadiran parasit ini.

Hasilnya setelah 4 minggu kemudian, semua pasien kecuali 1 orang mendapatkan hasil yang lebih baik dan 21 diantaranya berada pada tahap pemulihan. Sejak itu, penelitian lain telah menemukan bahwa ketika diobati dengan cacing, orang dengan penyakit radang usus dapat membaik dan tikus diabetes dapat kembali normal tingkat glukosa darahnya.

Satu teori bahwa selama ribuan tahun evolusi, sistem kekebalan tubuh manusia terbiasa dengan cacing. Jadi jika seseorang membuatnya keluar dari tubuh, sistem kekebalan tubuh berjalan liar karena tidak ada yang bekerja melawannya.

Teori lain adalah bahwa cacing parasit dalam usus dapat menghasilkan senyawa yang menekan sistem kekebalan tubuh. Ini mungkin membuat tubuh berevolusi untuk bergantung setidaknya pada tingkat rendah senyawa cacing yang dihasilkan untuk menjaga mereka berjalan dalam batas normal.

Apa yang anda simpulkan dari artikel diatas?. Tentunya kalau saya pribadi memiliki pemahaman bahwa jalani hidup apa adanya,  hidup bersih tetap dijalani karena demi kebaikan terutama dalam keadaan ibadah,  demi estetika karena bersih terlihat Indah,  namun tidak harus over protektif melarang terhadap anak bermain dilingkungan sekitar, tidak boleh ini,  tidak boleh itu,  serba super bersih serta serba minum obat-obatan. Malah si anak jadi stres dan daya imunitas tubuhnya tidak meningkat. Bagaimana dengan Anda?.

Semoga bermanfaat.

(Sumber http://health.detik.com )

Thursday, 9 March 2017

Minum Kopi Hitam dan Manfaatnya


Kopi merupakan salah satu minuman favorit sebagian besar orang.

Di Indonesia sendiri, kopi sudah mulai menjadi bagian dari gaya hidup.

Bagi para penyuka kopi, kabar gembira ini tentu akan sangat menguntungkan. Namun perlu digarisbawahi, mengkonsumsi kopi hendaknya secukupnya saja dan tidak berlebihan.

Para ahli menyarankan, kopi sebaiknya dikonsumsi tanpa gula, dua kali sehari. Satu cangkir di pagi hari setelah sarapan dan saat siang setelah makan.

Kopi hitam tanpa gula akan sangat memberikan manfaat bagi tubuh, juga baik diminum untuk penderita diabetes. Hal ini lantaran setiap cangkir kopi hitam mengandung sekitar 60 persen nutrisi, 20 persen vitamin, 10 persen kalori dan 10 persen mineral.

Berikut ini manfaat meminum kopi tanpa gula bagi kesehatan tubuh :

1. Kopi hitam dapat meningkatkan daya ingat.

2. Kopi hitam membantu otak tetap aktif, secara bersamaan juga membantu mengaktifkan saraf dan mencegah dimensia dini.

3. Kopi bisa meningkatkan kecerdasan. Kafein merupakan simultan psikoaktif yang bereaksi dengan tubuh dan dapat meningkatkan mood, energi dan fungsi kognitif seseorang. Ini akan membuat pria maupun wanita menjadi semakin cerdas.

4. Kopi akan membantu membersihkan "isi perut." Meminum kopi seringkali membuat Anda kerap buang air kecil.
Sehingga mengkonsumsi kopi hitam akan membuat racun dan bakteri dalam tubuh yang ada di perut keluar bersama urine.

5. Membantu menurunkan berat badan. Salah satu manfaat dari kopi hitam adalah membantu menurunkan berat badan dengan cepat karena dapat membakar lemak.

6. Minuman ini juga dinilai dapat meningkatkan metabolisme tubuh, 50 persen lebih baik daripada melakukan senam.

7. Mengatasi penyakit jantung. Minum kopi hitam tanpa gula juga bermanfaat bagi jantung. Kopi mengurangi tingkat peradangan dalam tubuh sehingga menurunkan risiko penyakit kardiovaskular. 

8. Kopi sebagai antioksidan. Satu cangkir kopi mengandung vitamin B2, B3 dan B5 serta mangan, magnesium dan kalium. 

9. Mengurangi risiko diabetes. Kopi hitam ternyata mampu mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

10. Mencegah kanker.
Katakan selamat tinggal pada kanker dengan meminum kopi hitam tanpa gula. Minuman ini mengandung sifat anti kanker yang juga membantu menurunkan risiko kanker hati.

11. Kopi merupakan ramuan panjang umur yang baik.

12. Kopi yang diminum tanpa gula akan membantu menjaga pikiran dan tubuh.

13. Minum kopi hitam dua kali sehari dapat mencegah penyakit Parkinson, karena kafein meningkatkan kadar dopamin dalam tubuh.

14. Manfaat terakhir yaitu kopi dapat meningkatkan mood sehingga menjadi "obat" terbaik untuk melawan depresi.

Sebaiknya segera STOP minum KOPI 3in1 merek apapun karena tidak baik untuk kesehatan kita. 

Semoga info ini bermanfaat. 

5 Kondisi yang membuat karyawan terbaik mengundurkan diri

Mengutip tulisan Anis Uzzaman dalam buku StartupPedia, setiap perusahaan pada umumnya berpikir bahwa mereka telah bekerja dengan baik dalam urusan pengelolaan sumber daya manusia (SDM). 


Di era yang serba kompetitif seperti sekarang, kehilangan karyawan terbaik telah menjadi sesuatu yang tak hanya harus dibayar mahal menggunakan uang, tetapi juga dengan waktu dan tenaga.

Oleh karena itu, sebuah manajemen SDM yang ideal sepatutnya bisa menyeimbangkan kebutuhan rekrutmen tenaga baru dan memperhatikan kebahagiaan karyawan yang telah bergabung lebih dahulu. Tantangan ini berlaku tak hanya di perusahaan besar saja, tetapi juga dalam ranah startup yang umumnya memiliki keterbatasan dari sisi tenaga dan kapital.

Untuk memastikan loyalitas selalu terjaga, perusahaan perlu mendalami betul alasan umum yang mendorong karyawan terbaik pergi meninggalkan pekerjaan mereka. Hal ini diperlukan untuk mempertimbangkan strategi manajemen SDM perusahaan, dengan harapan bisa meminimalkan kemungkinan perginya karyawan terbaik.

Terlepas dari faktor di luar kendali seperti tawaran kerja baru, pertimbangan personal karyawan, atau lainnya, menurut saya ada lima alasan dari sisi internal mengapa karyawan terbaik mengundurkan diri, meski tampak begitu menyukai pekerjaannya. Berikut adalah kelima alasan tersebut.

1.Situasi yang stagnan

Seorang pekerja (baik di perusahaan besar maupun startup) cenderung tidak ingin terjebak dalam pekerjaan yang menjemukan selama bertahun-tahun. Melakukan rutinitas pekerjaan yang sama berulang-ulang tanpa merasakan perubahan berarti dapat diartikan sebagai bentuk stagnan. Hal ini bisa menyebabkan rasa jenuh yang perlahan-lahan membuat orang tak lagi menyukai pekerjaan mereka.

Berdasarkan survei yang dirilis oleh Glassdoor, sebuah perusahaan yang menyediakan platform pencarian kerja online, pekerja yang terus-menerus berada dalam kondisi stagnan umumnya akan meninggalkan pekerjaan mereka untuk mencari hal baru di luar perusahaan. Cara yang bisa ditempuh perusahaan untuk menghindar dari situasi stagnan adalah menciptakan jenjang jalur karier yang jelas, agar karyawan bisa melihat ke mana arah mereka di masa akan datang.

Selain itu, memberikan kesempatan karyawan untuk menyumbang ide baru adalah salah satu upaya terbaik dalam menghindarkan pekerja dari situasi stagnan. Dengan kesempatan yang diperolehnya, seorang pekerja bisa berimprovisasi terhadap pekerjaan dan berkreasi menghasilkan sesuatu yang di luar ekspektasi perusahaan.

Kebebasan berkreasi dan menyumbang ide semacam ini menjadi suatu hal lebih mudah ditemui di dunia startup. Dengan kultur yang cenderung dinamis, seorang pekerja dapat terhindar dari perasaan stagnan, dan merasa bahwa dirinya lebih dari sebatas sekrup kecil dalam sebuah mesin yang kompleks.

2.Kerja yang terlalu diforsir

Tidak ada situasi lain yang membuat orang begitu cepat membenci pekerjaan mereka selain kondisi kerja yang berlebihan atau overwork. Rasa lelah dan stres tinggi merupakan alasan yang perlu diketahui para petinggi perusahaan, apalagi di saat mereka memberlakukannya dalam situasi yang cukup genting.

Jangan sampai beban kerja berlebih ditimpakan hanya pada individu terbaik perusahaan, meski kemampuan yang dimilikinya sangat dibutuhkan. Manajemen perlu mempertimbangkan dampak overwork terhadap karyawan dan memberikan apresiasi lebih, seperti berupa insentif bonus, tambahan masa cuti, atau lain sebagainya.

Kebutuhan kerja keras perlu diimbangi dengan inisiatif kerja cerdas

Kondisi overwork bukanlah sesuatu yang mustahil ditemukan di era serba kompetitif seperti sekarang, baik di lingkup perusahaan besar maupun dalam startup. Dengan medan persaingan yang begitu sengit, kebutuhan kerja keras perlu diimbangi dengan inisiatif kerja cerdas, agar karyawan tetap merasa dimanusiakan.

3. Kondisi perusahaan yang kurang apresiatif

Pekerja tak ubahnya manusia pada umumnya. Para karyawan memiliki kebutuhan untuk dihargai atas pencapaian yang telah diperoleh, terutama dari hasil jerih payah mereka. Penghargaan bisa menjadi motivasi untuk terus melakukan yang terbaik dalam hal pekerjaan mereka.

Kekurangan terhadap apresiasi juga bisa mendorong seorang karyawan melirik tawaran kerja lain yang ada di luar perusahaan. Ketika manajemen kurang menghargai jerih payah seorang karyawan, mereka tidak hanya gagal memotivasi kinerjanya, tetapi juga gagal memberikan efek positif terhadap kultur pekerjaan yang susah payah dibangun.

Pemberian apresiasi tak harus berupa kenaikan gaji, insentif cuti, atau fasilitas lain-lain. Perusahaan bisa saja menempuh cara mudah seperti pemberian pujian, atau sekadar perhatian lebih dari atasan. Intinya dengan memberikan apresiasi, setidaknya karyawan tidak merasa diperas dari segi tenaga mereka saja.

4.Kultur bekerja apatis dan kompetitif

Kultur perusahaan yang positif cenderung menciptakan pengalaman kerja atraktif untuk dijalani para karyawan. Sebaliknya ketika kultur tersebut mementingkan pencapaian individual, kurang bersahabat, atau apatis, nuansa bekerja tidak lagi akan disenangi.

Mengapa? Karena dalam lingkup pekerjaan model “hukum rimba” semacam ini, melakoni pekerjaan tak lebih dari sekadar upaya bertahan hidup di lingkungan profesional yang sangat kompetitif.

Model lingkungan atau kultur bekerja semacam ini umumnya jarang dijumpai dalam ranah startup, namun bukan berarti tidak ada. Seiring dengan makin besarnya perusahaan atau startup tempat kamu bekerja, semakin besar kemungkinan kultur bekerja yang mengedepankan sisi kompetitif akan muncul.

Di saat para karyawan sudah muak dan tak lagi betah dengan suasana kerja ini, jangan salahkan jika karyawan terbaik lebih memilih keluar mencari suasana baru di perusahaan lainnya.

5.Arah perusahaan yang tidak jelas

Salah salah satu kemampuan karyawan adalah mengamati, merasakan, dan menilai situasi perusahaan secara langsung dari dalam. Dari pandangan itulah, mereka menilai apakah sebuah perusahaan maupun startup mampu mencapai visi dan misi yang telah ditentukan.

Seorang individu profesional pastinya tidak ingin dibuai dengan mimpi yang terlalu tinggi dari perusahaan maupun startup tempat ia bekerja. Ia akan jeli mengamati situasi yang terjadi di sekitar, mulai dari kesehatan finansial perusahaan, arah kebijakan, pergeseran kultur, dan lain-lain.

Situasi terburuk dari proses observasi ini adalah ketika kantor tempatnya bekerja mulai memperlihatkan pertanda buruk yang berpotensi merugikan karyawan di kemudian hari. Kondisi seperti gaji yang telat dibayar berbulan-bulan, pemutusan hubungan kerja karena salah kebijakan direksi, dan lainnya bisa menjadi sinyal untuk mencari “sekoci” baru bagi mereka.

Itulah tadi lima alasan yang dapat menyebabkan karyawan terbaik mengundurkan diri dari pekerjaan mereka, baik itu di lingkup perusahaan besar maupun dalam startup. Jika kamu memiliki contoh atau alasan lain yang menyebabkan seseorang keluar dari kantor yang menaunginya. 

Semoga artikel di atas bermanfaat.

Anis Uzzaman

Sunday, 5 March 2017

Air dan filosofi Dibalik Kelembutan Tersimpan Kekuatan


AIR, salah satu ciptaan Allah yang sangat sempurna. Sebagai salah satu syarat kehidupan di satu planet yang bertipe M, yaitu planet yang dapat dihuni oleh manusia.  Air dapat mengikuti bentuk dari tempat yang di isinya,  mengikuti bentuk gelas bila dimasukan ke gelas,  mengikuti bentuk botol bila berada di dalam botol dsb.


Dari air terbentuknya unsur oksigen untuk bernafasnya manusia, hewan dan tumbuhan. Dengan air dapat menghilangkan dahaga dahaganya seluruh makhluk termasuk tumbuhan. 

Air sekaligus memiliki dua sifat bertentangan yaitu kelembutan dan kerusakan, ketenangan dan keganasan. Namun juga memiliki sifat penghantar listrik atau energi dengan apapun yang dikehendaki oleh manusia. 

AIR asalnya adalah suci,  walaupun terkotori,  dia akan kembali suci dengan menguap meninggalkan kekotoran kemudian mengembun kembali menjadi air. 

Tanpa disadari, tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air dan tanpa air pula manusia kesulitan dalam menjalani hidup. 

Lantas kenapa air bisa ikut bergolak menjadi kekuatan yang ganas ketika alam murka atau alam bergerak untuk keseimbangan?. Karena air mengandung sifat api yaitu unsur hidrogen yang dominan dan unsur ini sebenarnya penuh rahasia dan memiliki manfaat dahsyat bila dapat mengolahnya menjadi energi yang dahsyat seperti yang pernah diunggapkan Einstein,  kekuatannya lebih besar dari energi nuklir uranium atau plutonium. Bila diolah dan digunakan untuk kemaslahatan umat, maka energi hidrogen menjadikan manusia tidak akan kekurangan kebutuhan akan energi listrik dan bahan bakar pengganti minyak bumi. 

AIR menjadi inspirasi bagi ahli bela diri menciptakan jurus dan olah gerak energi yang telah teruji. 

Subhanallah. Maha Suci Allah yang menciptakan air. Di balik kelembutannya terdapat kekuatan yang dahsyat. 

Wednesday, 1 March 2017

Kisah Salah Sedekah

Surat Al-Baqarah [2:245]

[Allah akan melipat’gandakan pahala, bagi mereka yg menafkahkan hartanya di jalan Allah]


مَنْ ذَا الَّذِي يُقْرِضُ اللَّهَ قَرْضًا حَسَنًا فَيُضَاعِفَهُ لَهُ أَضْعَافًا كَثِيرَةً ۚ وَاللَّهُ يَقْبِضُ وَيَبْسُطُ وَإِلَيْهِ تُرْجَعُو

"Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan"
Allah SWT telah berjanji akan melipat gandakan rezeki pada hamba-Nya yang bersedekah. Banyak yang meragukan janji Allah tersebut. Padahal keajaiban sedekah sudah sering kali kita dengar, dan terbukti pada mereka yang benar-benar ikhlas membelanjakan hartanya di jalan Allah.

Contohnya seperti kisah dalam film pendek ‘Salah Sedekah’ karya Want Production dan DAQU Movie berikut ini. 
Kisah tentang pemuda di PHK karena perusahaannya bangkrut dan selama 6 bulan semenjak di PHK belum juga mendapatkan pekerjaan baru.

Padahal Ia menjadi tulang punggung keluarga, karena ayahnya juga kena PHK sebulan sebelumnya dan kini sedang sakit-sakitan. Ibunya telah tiada, dan Ia masih memiliki dua orang adik perempuan yang masih kuliah dan sekolah.

Untuk menghidupi kesehariannya yang tidak ada pemasukan, Ia terpaksa menjual motor satu-satunya. Ia sekeluarga juga memutuskan untuk pindah ke kontrakan yang lebih murah.

Pemuda ini sebelumnya meyakini, dengan sedekah maka Allah akan menolongnya. Namun setelah 6 bulan berlalu dan merasa pertolongan Allah tidak kunjung datang kepadanya, Ia mulai meragukan Allah dan kekuatan sedekah.

Dalam salah satu adegan saat makan malam, pemuda tersebut emosi setelah kedua adiknya meminta uang untuk kebutuhan sekolah dan kuliah, sementara uang hasil penjualan motor sudah tinggal sedikit. Dengan berteriak penuh kemarahan, pemuda tersebut bahkan menyebut Allah yang salah karena telah membuat keadaan keluarganya menjadi tidak memiliki penghasilan sama sekali.

Sampai suatu ketika pemuda tersebut melihat seorang petugas kebersihan yang mensedekahkan seluruh gajinya minggu itu ke sebuah Rumah Tahfiz Al Quran. Ketika pemuda tersebut menanyakan kepada petugas kebersihan tersebut, jawabannya sungguh luar biasa.

“Terkadang kita beribadah kurang ikhlas ketika yang kita pinta kepada Allah tidak terkabul. Bukannya Allah enggak ngasih tapi Dia lagi siapkan surprise buat Mas. Allah juga enggak harus balas dengan uang juga lho. Bisa juga dengan umur panjang dan keluarga harmonis. Kita saja yang enggak sadar,” ungkap petugas kebersihan itu bijak.

Petugas kebersihan itu juga membuat pemisalan saat anaknya ngambek karena setelah capek membantu ayah ibunya tidak mendapatkan apa-apa. Padahal ayah ibu sedang menabung untuk membelikan anaknya sebuah sepeda sebagai hadiah.

Apa yang dituturkan petugas kebersihan tersebut kemudian menyadarkannya untuk lebih ikhlas melakukan sedekah. Saat itu juga, Ia sedekahkan semua uang yang ada di dompetnya ke Rumah Tahfiz Al Quran.

Pemuda tersebut kemudian pulang tanpa membawa uang sepeser pun. Sesaat sebelum sampai di rumah, Ia dipanggil-panggil oleh salah satu adiknya yang tampak panik. Sang adik mengabarkan bahwa ayah mereka pingsan di rumah. Pemuda tersebut segera melarikan ayahnya ke rumah sakit.

Sang ayah diminta oleh dokter untuk di rawat di rumah sakit. Sementara si pemuda harus membayar biaya awal di rumah sakit yang mencapai Rp. 2 juta. Ia lalu pergi ke beberapa temannya untuk meminjam uang tapi hasilnya nihil.

Di tengah kegalauannya, pertolongan Allah itu datang. Keajaiban sedekah datang ke hadapannya bahkan tanpa Ia harus mencari-carinya. Bagaimana akhir kisah film pendek “Salah Sedekah” ini? Silahkan tonton di bawah ini.